Minggu, 07 Juni 2015

Tips Nutrisi Untuk Penderita Stroke

Tips Nutrisi Untuk Penderita Stroke - Makanan sehat dapat membantu Anda mengurangi tiga faktor risiko stroke, yakni: kadar kolesterol buruk, tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan. Diet tinggi lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Diet tinggi natrium dapat berkontribusi terhadap peningkatan tekanan darah, dan diet tinggi kalori dapat menyebabkan obesitas. Diet dengan lima atau lebih porsi buah dan sayuran per hari dapat mengurangi risiko stroke.

nutrisi penting untuk stroke
The American Heart Association Stroke Association merekomendasikan nutrisi berikut ini untuk penderita stroke:
  1. Konsumsi makanan yang kaya sayuran dan buah-buahan.
  2. Pilih makanan tinggi serat seperti gandum.
  3. Makan ikan setidaknya dua kali seminggu.
  4. Batasi lemak jenuh dan lemak trans. Menghindari minyak terhidrogenasi parsial akan mengurangi lemak trans.
  5. Pilih daging tanpa lemak dan unggas, dan memasaknya tanpa menggunakan lemak jenuh atau trans.
  6. Pilih produk susu rendah lemak.
  7. Mengurangi minuman dan makanan dengan tambahan gula. AHA merekomendasikan bahwa tidak lebih dari setengah dari kalori diskresioner Anda harus berasal dari gula yang ditambahkan. Bagi kebanyakan wanita Amerika, tunjangan kalori diskresioner tidak lebih dari 100 kalori dan tidak lebih dari 150 kalori untuk pria.
  8. Memilih dan menyiapkan makanan dengan sedikit garam (natrium). AHA merekomendasikan mengkonsumsi kurang dari 1500 mg sodium per hari.
  9. Jika Anda minum alkohol, maka batasi asupan alkohol. Batasi diri Anda untuk satu gelas per hari jika Anda seorang wanita yang tidak hamil atau dua gelas per hari jika Anda seorang pria.

Dapatkan Nutrisi Sehat Bagi Penderita Stroke

Beberapa penderita stroke mengalami kehilangan nafsu makan. Bagi orang lain, makan mungkin sulit karena masalah menelan atau karena gerakan lengan yang terbatas. Dalam kasus apapun, bicaralah dengan tim kesehatan Anda untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan. Untuk membuat makan Anda menjadi sedikit lebih mudah lagi, cobalah langkah berikut:
  • Pilih makanan sehat dengan rasa kuat, seperti ikan panggang dan buah jeruk. Juga, rempah-rempah dapat menambah rasa makanan dan berfungsi sebagai pengganti yang baik untuk garam.
  • Pilih makanan warna-warni, visual dapat menarik makanan, seperti salmon, wortel dan sayuran hijau gelap.
  • Potong makanan menjadi potongan-potongan kecil untuk membuat mereka lebih mudah untuk dikunyah.
  • Pilih makanan lembut, sehingga mudah untuk dikunyah, seperti yoghurt, pisang, gandum sereal panas dan sup rendah sodium.
  • Jika Anda memiliki kesulitan menelan, berbicara dengan ahli terapi bicara atau dokter. Kondisi ini dapat diobati.
  • Jika kelemahan di lengan atau tangan adalah masalahnya, Anda dapat mencoba peralatan makan adaptif. Beberapa jenis sendok garpu memiliki pegangan tebal yang lebih mudah untuk digunakan.
Lihat juga : Obat Herbal Stroke Yang Ampuh dan Mujarab

Membuat Makanan Dengan Mudah

Ketika penderita stroke telah kehilangan selera makan mereka, pengasuh dapat membantu dengan:
  • Pengaturan waktu makan yang teratur sepanjang hari.
  • Makan dengan santai.
  • Melayani makanan yang diinginkan.
  • Makanan kecil sepanjang hari.
  • Mengurangi gangguan saat makan.
Apa yang Anda makan dan bagaimana Anda mempersiapkan hal itu dapat membantu mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung. Diet yang tepat dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah dan dapat membantu Anda merasa lebih baik dan memiliki lebih banyak energi.

Bagi banyak penderita stroke, kehilangan nafsu makan adalah masalah umum. Bahkan ketika nafsu makan tidak terpengaruh, tantangan lain adalah bagaimana mendapatkan nutrisi yang tepat tampak seperti sebuah tugas yang cukup berar. Tapi diet yang sehat merupakan bagian penting dari pemulihan, dan membantu mengurangi risiko serangan stroke yang lain.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar